Siapkan Putra-Putri Anda Sejak Dini Dengan Bekali Ilmu Agama dan Umumnya

About ABA

Sekilas ABA (Astra Bimbel Ar-Rifa)

Mengingat pentingnya pendidikan terutama pendidikan agama sebagai modal utama dalam mencapai kesuksesan baik dunia maupun akherat,  tidak sedikit para orang tua memilih sekolah yang mampu membekali pesertadidknya tidak hanya ilmu umumnya saja melainkan juga ilmu agama. Madarasah merupakan solusi yang bisa ditawarkan untuk para orng tua yang ingin mengembangkan kemampuan putra-putrinya untuk menguasai ilmu agama. Salah satunya yaitu Madrasah yang berada di Babakan  Lebaksiu tegal. Selain madrasah komponen pendukung untuk bisa mengoptimalkan peserta didik untuk menimba ilmu agama adalah madrasah diniah yang di selenggarakan sore hari oleh pondok pesantren . Bagi yang berdomisili jauh mereka bisa memilih untuk menitipkan anaknya untuk kepesantren atau ke asrama maupun kos-kosan yang semuanya mempunyai tujaun yang sama yaitu memfasilitasi para santri untuk bisa menimba ilmu dengan baik. Salah satunya adalah Asrama Putra Bimbingan Belajar Ar-Rifa yang  bertempat di Jl. Depan MTs N Model Babakan Lebaksiu Tegal. Lokasi ini masuk Babakan, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. ABA  merupakan lokasi hunian yang sangat strategis dimana jarak tempuh dari Sekolah baik dari MTs Model dengan Madrasah Diniah Pondok Pesantren yang cukup Dekat dengan hitungan Langkah Kaki, fasilitas lengkap dengan di lengkapi sarana olah raga seperti Tenis Meja, Badminton dan Food ball serta  yang sangat nyaman dan aman.
ABA mengajarkan metode membaca Al-Qur’an dan beberapa ilmu Islam seperti aqidah, akhlak, dan ibadah serta Bimbingan Belajar materi pelajaran di sekolah bagi siswa madarasah khususnya siswa  Mts N model Babakan . Waktunyapun dilaksanakan pada malam hari yaitu ba’da Magrib ,ba’da Isa dan  ba’da subuh dengan sistem halaqah dan sistem klasikal.  Dan sedikitnya ada tiga  jenjang pendidikan ABA , yaitu:



(1) Pengajaran Al-Qur’an.
Untuk mempelajari Al-Qur’an ada dua macam tingkatan, yakni:
a.      Pendidikan Pemula
materi pelajaran pada pendidikan pemula ini mencakup:
o   pelajaran memahami ejaan huruf Al-Qur’an dan membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan dengan metode praktik dan latihan;
o   pelajaran cara berwudhu dan tata cara shalat yang dilakukan dengan metode praktik dan menghafal;
o   pelajaran tentang keimanan, terutama yang berhubungan dengan sifat dua puluh yang dipelajari dengan metode menghafal melalui lagu.
o   pelajaran akhlak yang dilakukan dengan metode cerita tentang Nabi-Nabi dan orang-orang shaleh.
b.     Pendidikan Atas;                               
Materi pelajaran pada pendidikan atas ini mencakup pendidikan membaca Al-Qur’an dengan lagu, kasidah, barzanji, tajwid, dan kitab perukunan. Lama pendidikan untuk kedua jenis pendidikan tersebut tidak ditentukan. Seorang siswa baru dapat dikatakan tamat bila ia telah mampu menguasai setiap materi yang diajarkan dengan baik.
(2) Pengajian Kitab.
Materi pendidikan pada jenjang ini meliputi: kitab-kitab Dasar seperti Fasolatan, Subuliman, Akhlaqulilbanin,Safinatunnajah, Ta’limmuta’lim, Tanqikhul Qaul dan ilmu-ilmu lainnya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa yang notabennya masih awam  dalam ilmu agama karena minimnya pelajaran yang diberikan di tingkat dasar. Metode pengajarannya adalah dengan membaca sebuah Kitab Arab dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu, setelah itu baru diterangkan maksudnya.

(3) Bimbingan Belajar
ABA memiliki peran sebagai lembaga pengkaderan dan pembinaan umat yang diharapkan mampu melahirkan generasi serta masyarakat berkualitas guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang aman damai, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.Untuk itu para santri tidak cukup dibekali dengan pengetahuan agama semata, melainkan harus memiliki tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupannya ketika terjun dan kembali kemasyarakat hal ini disebabkan karena tuntutan zaman. Diantaranya dibekali ilmu umum seperti halnya mapel UN yang mencakup Matematika, IPA, Bhs. Inggris dan Bhs Indonesia, dengan  harapkan siwa mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dengan tuntutan sekolah unggulan yang menjaring melalui proses penyeleksian mapel UN, sehingga mampu mengantarkan siswa untuk sukses masuk sekolah favorit yang diharapkan. Tentunya hal ini tidak mudah, perlu mempersiapkan diri sejak dini Oleh karena itu ABA memfasilitasi untuk menciptakan suasana yang kondosif agar siswa terbiasa dengan suasana akademis dan relijius sehingga mampu membentuk kader- tenaga profesional yang memiliki akhlak mulia.
Dalam pelaksanaan Kegiatan di dampingi oleh Guru Mts N Model dan guru sekolah lainnya  yang mencakup berbagai bidang study sesuai dengan bidang akademik masing-masing sehingga memudahkan dalam monitoring kegiatan siswa baik di sekolah maupun dalam Asrama. Selain itu warga bisa tetap mengikuti kegiatan di pondok pesantren berupa sekolah diniyah awaliyah atau Wustho maupun Ulya yang di selenggarakan oleh pondok yang bersangkutan. Untuk  warga ABA yang mengikuti program full day  atau kelas 9 yang aktif mengikuti pengayaan / les yang di selenggarakan sekolah,  mendapatkan dispensasi untuk tidak mengikuti madrasah diniah yang di selenggarakan di pesantren.
1.      Fungsi ABA
ABA berfungsi:
a.      Tempat tinggal yang yaman, aman tentram dan menyenangkan untuk istirahat maupun kegiatan pembelajaran.
b.      Mengembangkan Sikap dan nilai-nilai aqidah islam , serta Kecerdasan dan kreativitas santri.
c.      Menanamkan sikap dan budi pekerti  kepada santri
d.      Menyadarkan santri tentang nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran islam

2.      Ruang Lingkup ABA
Ruang lingkup ABA meliputi:
  1. Menciptakan Tempat tinggal yang yaman tentram dan representatif untuk istirahat dan Belajar
  2. Mengembangkan sikap dan nilai –nilai melalui pendidikan agama maupun pendidikan umumnya.

3.      Visi dan Misi
§ Visi : Memujudkan Generasi Insan Cendekia Islami
§ Misi :Menyiapkan Sejak Dini dengan bekal Ilmu Agama dan Umumnya dengan Cara Meningkatkan Pembelajaran, Memberikan dan Menanamkan Sikap dan Mentalitas Warga Melalui Kegiatan Sehari-Hari dalam Asrama.

Cari